Selasa, 22 Januari 2013

Makalah Anti-Spyware

Pengertian Anti Spyware

Anti-spyware adalah jenis program yang dirancang untuk mencegah dan mendeteksi instalasi program spyware yang tidak diinginkan atau untuk menghapus program-program tersebut jika sudah terpasang. 
Software Anti-spyware melakukan scan sistem komputer untuk melihat apakah ada saat ini spyware diinstal .Deteksi dapat berupa aturan-based atau berdasarkan file definisi download yang mengidentifikasi program spyware yang aktif.


 Cara kerja Anti -spyware
Program Anti-spyware dapat memerangi spyware dengan beberapa cara:
Ø  Tipe perlindungan pertama yaitu dengan pemindaian (scan). pemindaian, digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan spyware saat ini yang telah diinstal pada komputer. Dan biasanya dapat melakukan scan cepat, atau scan cerdas, yang akan menscan hanya beberapa file di komputer yang diduga terinfeksi atau terinstal spyware. Dengan software seperti ini perlindungan terhadap spyware dapat di jadwalkan scan mingguan, harian, atau bulanan. Program tersebut memeriksa isi registry Windows, file sistem operasi, dan program yang diinstal, dan menghapus atau aksi lainnya dari entri yang cocok dengan daftar komponen spyware yang dikenal.
Ø  Tipe Peerlindungan kedua yaitu perlindungan real-time terhadap instalasi perangkat lunak spyware pada komputer. Dengan cara ini Anda bisa memiliki komputer Anda aktif dilindungi melawan serangan spyware sepanjang waktu. Jenis perlindungan spyware bekerja dengan cara yang sama seperti perlindungan anti-virus bahwa perangkat lunak anti-spyware menscan semua data jaringan yang masuk untuk perangkat lunak spyware dan mem-blok ancaman tersebut. Dalam beberapa kasus, hal itu juga dapat mencegat upaya untuk menginstal item start-up atau memodifikasi pengaturan browser.
Beberapa perangkat lunak mungkin berisi setiap jenis perlindungan, atau kombinasi dari keduanya. Setelah kedua jenis yang terbaik.
 Software Anti-Spyware
Terdapat 2 jenis software Anti spyware yang berada beredar, yaitu yang gratis dan erbayar .Pengguna internet banyak memanfaatkan berbagai software anti spyware gratis dari pada berbayar, yang tersedia secara online untuk menghindari bahaya spyware dan bug spyware.
Program anti spyware gratis memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibanding program anti spyware berbayar.
Kelebihan
Kelebihan anti spyware gratis adalah bisa diperoleh secara cuma-cuma alias gratis.Pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli software atau berlangganan software berbayar. Banyak anti spyware gratis menawarkan berbagai fitur seperti mampu memperbaiki sistem komputer, alat-alat keamanan, dan berbagai aplikasi sehingga menjadi pilihan tepat dan hemat.
Kecepatan
Saat terdapat ancaman spyware atau serangan tiba-tiba, banyak orang merasa lebih cepat mencari program anti spyware di internet daripada membelinya di toko komputer.
Aksesibilitas
Program anti spyware gratis banyak tersedia di internet, mudah didownload, diinstal, dan dioperasikan.
Kekurangan
Software untuk menghapus spyware gratis tidak menawarkan pencegahan secara komprehensif. Selain itu, fitur keamanan dan atributnya masih kurang komplit dibandingkan dengan program anti spyware berbayar.

v  Beberapa pilihan aplikasi Anti Spyware yang dapat digunakan :
·         Ad-Aware : Aplikasi dengan lisensi freeware alias gratis dan memiliki fungsi yang sangat powerful. Dapat dikatakan sebagai tool antispyware terbaik.Melakukan scan secara total baik pada memory, registry, hardisk, removable disk dan optical disk. Memiliki kemampuan mendeteksi dan membasmi ancaman spyware, pop-ups, scumware, keylogger, trojan, malware dll
·         Spybot-Search & Destroy : Aplikasi ini tidak kalah powerful dengan Ad-aware bahkan memiliki kelebihan immunize yang berfungsi untuk mem-blokir website yang dianggap sebagai spyware.
·         SpywareBlaster : Aplikasi ini tidak untuk membersihkan spyware yang menyusup ke dalam komputer, tetapi lebih cenderung bekerja sebagai pencegah agar spyware tidak dapat memasuki komputer.
·         Dan masih banyak lagi aplikasi Anti malware lainnya yang dapat menangani spyware seperti AVG internet security, Avast internet security, Kaspersky, Microsoft security essential, Avira, dan lain-lain.



  Kesimpulan
1.      Pemahaman terhadap anti spyware yang merupakan program dalam menangani spyware pada sistem komputer
2.      Anti-spyware juga merupakan program yang sekarang juga harus di instal , sebagai solusi security dalam internetan.
3.      Cara kerja anti spyware yaitu pertama dengan perlindungan  real-time dan yang ke dua dengan pemindaian system computer dan file.

About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

1 komentar:

Text Widget

Recent Articles

About Us

© 2014 Mari Mampir. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9