Sabtu, 01 September 2012

Setting NVIDIA GeForce GT610M pada ASUS A43SD


Beberapa waktu yang lalu Saya minta tolong kepada teman saya buat bantuin ngecek masalah di Laptop ASUS A43SD yang saya miliki maklum baru di beliin Laptop baru (bkn sok pamer) hehehe. masalahnya, VGA yang dimiliki notebook ini adalah NVIDIA GeForce GT610M 2GB, tapi saat digunakan VGA yang kedetek adalah Intel HD 3000 integrated dengan shared memory.

Kemudian saya coba melakukan install ulang laptop tersebut (memang niatnya sekalian mau ganti OS windows 7 Extream edition) beserta driver bawaannya (dalam CD) dan ternyata benar, meski menggunakan GPU-Z NVIDIA nya terdeteksi, tapi tidak bisa digunakan.
Sistem yang digunakan di laptop ini adalah sistem 2 VGA dimana yang satu integrated Intel HD 3000 yang (seharusnya) digunakan hanya saat laptop tidak bergerak dalam High-Perfomance, sedangan NVIDIA GeForce GT610M (seharusnya) digunakan saat laptop berjalan pada High-Performance. Dicoba dengan mendownload driver NVIDIA terbaru pun tidak menyelesaikan masalah.

Setelah tanya-tanya ke Temen2, tapi sepertinya tidak menemukan titik terang dan solusinya. Ahirnya saya coba mencari solusi sendiri denga googling sana-sini sampe' pusing sendiri hehehe, dan berhasil, NVIDIA dan Intel HD dua2nya terdeteksi, dan bisa berjalan. Bahkan kita bisa memilih sebuah program itu jalan menggunakan VGA yang mana.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan sehingga kedua VGA bisa berjalan, dalam catatan saya melakukan install ulang semua.
  1.  Install Windows 7
  2.  Install driver dari CD, tapi jangan ceklist VGA (ada dua, dan dua-duanya jangan di ceklist), karena kita akan melakukan instalasi drivernya secara terpisah.
  3. Install driver VGA Intel HD bisa dari CD tersebut, atau download di sini. Kemudian… Restart
  4. Install driver VGA NVIDIA bisa dari CD tersebut, atau download di sini. Kemudian… Restart
Setelah kembali masuk ke windows, NVIDIA Control Panel sudah tersedia.
1. Masuk ke NVIDIA Control Panel

2. Pilih manage 3D settings > pada Preferred graphics processor: pilih High-performance NVIDIA Processor
3. Pilih Set PhysX configuration > Select a PhysX processor: pilih GeForce 610M
Apply semua setelan yang sudah dipilih, lalu restart sistem.
 Setelah sistem restart, silahkan cek display pada DXDIAG, pada submenu Display, memori display akan bertambah 2 GB, walaupun masih terdeteksi chipset Intel HD sebagai graphic processor. Hal ini berarti sistem siap menjalankan teknologi NVidia Optimus. Silahkan Anda bandingkan performa saat sebelum melakukan setting dan sesudah melakukan setting.

Btw, saya belum melakukan untuk seri ASUS lain yang menggunakan VGA sama, kalo mungkin memiliki masalah yang sama dan cara ini menyelesaikan masalah tersebut.
 
sekian yea postingan NVIDIA GeForce GT610M pada ASUS A43SD

:D


About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

2 komentar:

  1. thx 4 ur info bro anggit

    BalasHapus
  2. Setelah saya coba cara di atas... Jadi suka restart sendiri dan ngehang... Mohon pencerahan nya suhuu

    BalasHapus

Text Widget

Recent Articles

About Us

© 2014 Mari Mampir. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9